STRATEGI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017

Fanni Alfian, Ubaidullah MA

Abstract


STRATEGI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017

AMINULLAH USMAN AND ZAINAL ARIFIN POLITICAL STRATEGIES IN THE ELECTION OF BANDA ACEH CITY IN 2017

 

Fanni Alfian[1]Ubaidullah[2]

(panialfian@gmail.com, maklaha@yahoo.com)

Program Studi Ilmu Politik, FISIP, Universitas Syiah Kuala

 

ABSTRAK

Pilkada Kota Banda Aceh tahun 2017 memunculkan dua pasangan calon yaitu Illiza Sa’aduddin Djamal- Farid Nyak Umar sebagai calon petahana dan Aminullah Usman-Zainal Arifin. Pada tahun 2012 Aminullah Usman juga pernah mencalonkan diri sebagai walikota Banda Aceh namun hanya berada di posisi ke dua di bawah pemenang pada saat itu yaitu pasangan Mawardi Nurdin-Illiza Sa’aduddin Djamal, untuk pilkada 2017 Aminullah Usman-Zainal di usung oleh partai Nasdem, PAN, GOLKAR, GERINDRA, PKB dan PBB. Strategi politik Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada pilkada kota Banda Aceh tahun 2017. Permasalahan yang diangkat dari penelitian adalah bagaimana strategi pemenangan pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin sebagai Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh pada Pilkada 2017. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi dan faktor-faktor kemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada pilkada tahun 2017 di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, pengumpulan data diperoleh dengan dua cara yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang langsung diperoleh dari sumber data pertama di lokasi penelitian atau objek penelitian sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber sekunder dari data yang kita butuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua strategi yang digunakan Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada pilkada kota Banda Aceh tahun 2017, pertama strategi politik merupakan strategi atau teknik yang digunakan untuk mewujudkan suatu cita-cita politik seperti menyatukan tim sukses yang solid dan handal. Dan strategi yang kedua yaitu marketing politik adalah penerapan konsep dan metode marketing ke dalam dunia politik, dengan cara menciptakan program-program yang spektakuler. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini adalah ketertarikan masyarakat terhadap strategi kemenangan Walikota dan Wakil Walikota dipengaruhi oleh visi-misi dan juga latar belakang dari calon kandidat, serta dalam membangun kepercayaan dan image publilk Aminullah Usman dan Zainal Arifin menggunakan strategi marketing politik.

dimiliki pasangan calon tersebut.

Kata Kunci : Strategi Politik, Pilkada, Partai Politik 

 

 

ABSTRACT

The Banda Aceh Regional Election in 2017 brought up two candidate pairs namely Illiza Sa'aduddin Djamal-Farid Nyak Umar as incumbent and Aminullah Usman-Zainal Arifin. In 2012 Aminullah Usman also ran as mayor of Banda Aceh but only being placed down above the winner at that time was the Mawardi Nurdin-Illiza couple Sa'aduddin Djamal, for the 2017 local election Aminullah Usman-Zainal was stretched by Nasdem, PAN , GOLKAR, GERINDR, PKB and PBB. The political strategy of Aminullah Usman and Zainal Arifin in the 2017 Banda Aceh regional election. The problem raised from the research was the strategy to win the pair Aminullah Usman and Zainal Arifin as Mayor and Deputy Mayor of Banda Aceh in the 2017 elections. The purpose of the research was to look for strategies and factors of victory Aminullah Usman and Zainal Arifin in the 2017 elections in the city of Banda Aceh. This research uses qualitative methods, collecting data obtained in two ways, namely primary data and secondary data. Primary data is data that is directly obtained from the first data source at the research location or secondary data research object is data obtained from the second source or secondary source from the data we need. The results of the study indicate that there are two strategies used by Aminullah Usman and Zainal Arifin in the city of Banda Aceh regional election in 2017, the first political strategy is a strategy or technique used to realize political goals such as bringing together a solid and reliable success team. And the second strategy is that marketing politics applies marketing concepts and methods to world politics, by making spectacular programs. Conclusions can be drawn in this study is to attract the public to the strategy of the Mayor and Deputy Mayor's victory about the vision and mission as well as the background of the candidates, and in building trust and publicity images of Aminullah Usman and Zainal Arifin using political marketing strategies.

Keywords: Political Strategy, Election, Political Parties


[1]Mahasiswa Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala

[2]Dosen Pembimbing


Keywords


Political Strategy, Election, Political Parties;Strategi Politik, Pilkada, Partai Politik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia