Efektivitas Kampanye Partai Solidaritas Indonesia Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kaum Muda Berpolitik” (Studi Pada Pengurus Partai Solidaritas Indonesia DPD Banda Aceh)”.

Muhammad Rafi, Hamdani M.Syam

Abstract


Penelitian ini berjudul “Efektivitas Kampanye Partai Solidaritas Indonesia Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kaum Muda Berpolitik”. Penelitian ini bertujuan melihat dan menjelaskan apakah ada efek kampanye dimedia sosial instagram terhadap minat kaum muda berpolitik. Populasi pada penelitian ini pengurus Partai Solidaritas Indonesia DPD Kota Banda Aceh yang berjumlah 37 orang, jumlah sampel yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin presisi 10% dari jumlah responden, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 33 responden. Teori Kepala Batu menekankan kepada pengaruh dari media terhadap khalayak, dan teori ini juga mengatakan bahwa khalayak memilih media bukan hanya berdasarkan minat, tetapi umur, status sosial, pekerjaan, dan latar belakang sosial budaya juga mempengaruhi. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif. Data primer sebagai instrumen penelitian, dan diolah secara statistic dengan program SPSS versi 24 yaitu, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, dan uji t hitung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah sebesar 2,539 dan nilai ttabel pada 0,2826 pada uji dua sisi diketahui 0,342, maka Ha diterima, dan dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh nilai b = 0,396 (39,6%) dengan taraf siginifikansi (0,000 %) menunjukan bahwa korelasi atau hubungan antara adanya Efektivitas Kampanye Partai Solidaritas Indonesia Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kaum Muda Berpoltik. Hasil perhitungan diperoleh besarnya koefisien determinasi (R Square) adalah 0,659, ini menunjukkan bahwa efektivitas kampanye diinstagram terhadap minat kaum muda berpolitik adalah sebesar 65,9%.

 

Keyword : Efektivitas, Minat, Komunikasi Poltik

 

THE CAMPAIGN EFFECTIVENESS OF PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA THROUGH SOCIAL MEDIA OF INSTAGRAM TOWARDS POLITICAL INTEREST OF YOUNG PEOPLE (CASE STUDY ON THE ADMINISTRATORS OF PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA, REGIONAL REPRESENTATIVE COUNCIL OF BANDA ACEH CITY)

This research entitled “The Campaign Effectiveness of Partai Solidaritas Indonesia through Social Media of Instagram towards Political Interest of Youth”. This study aimed to find out and explain whether there is an effect on social media campaigns using Instagram on the political interest of young people. The population in this study was the administrators of the Partai Solidaritas Indonesia at Regional Representative Council of Banda Aceh City of 37 people. The number of samples determined using the Slovin precision formula of 10% of the number of respondents, resulting in the amount of sample of 33 respondents. Kepala Batu Theory emphasizes the influence of the media on audiences. This theory also states that audiences choose media not only based on interests, but also age, social status, occupation, and socio-cultural background. In this study, a quantitative descriptive analysis approach was used. Primary data as a research instrument was processed statistically using 24 version SPSS, including classical assumption test, simple linear regression test, and t-test. The results of the study shows that the results of testing the hypothesis obtained by the value of t-count is 2.539 and the t-table value at 0.2826 in the two-sided test is known to be 0.342, then Ha is accepted, and the results of linear regression calculation shows a value of b = 0.396 (39.6%) with a significant level (0,000%) indicating the correlation or relationship between the campaign effectiveness of the Partai Solidaritas Indonesia through Social Media of Instagram towards political interest of young people. The calculation results obtained by the magnitude of the determination coefficient (R Square) is 0.659, indicating that the effectiveness of the campaign using Instagram on the interest of young people in politics is equal to 65.9%.

 

Keyword: Effectiveness, Interest, Political Communication


Keywords


Efektivitas, Minat, Komunikasi Poltik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia