Implementasi Bauran Promosi Pariwisata Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata Taman Rusa Sibreh Aceh Besar
Abstract
ABSTRAK, Penelitian ini berjudul “Implementasi Bauran Promosi Pariwisata Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata Taman Rusa Sibreh Aceh Besar.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan oleh pengelola Wisata Taman Rusa dan bagaimanan cara mengatasi menurunnya pengunjung wisata agar menghasilkan peningkatang pengunjung dengan bauran promosinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara semiterstruktur dalam pengumpulan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA . Dalam pemilihan informan penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sedangkan untuk menganalisis data, menggunakan model analisis data Miles dan Huberman.
Tujuan didirikanannya Wisata Taman Rusa ini adalah untuk menggali potensi keunikan nuansa baru, sebagai sarana edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat (keluarga). Pada Wisata Taman Rusa, promosi yang diterapkan berupa periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat,dan penjualan langsung. Selain itu, biaya promosi yang dikeluarkan dan tingkat jumlah pengunjung Wisata Taman Rusa selama dua tahun terakhir 2016 dengan jumlah pengunjung yang datang sebanyak 164.847 orang dan pada tahun 2017 jumlah pengunjung yang datang pengunjung meningkat menjadi 192.404 orang. Dan di tahun 2018 tingkat pengunjung menurun 5% yaitu dengan jumlah pengunjung 186,375.
Biaya promosi yang dikeluarkan kurang lebih 50 juta per tahun. Dari penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa media promosi yang digunakan oleh pihak Wisata Taman Rusa sudah berupaya memberikan yang terbaik agar pengunjung Wisata Taman Rusa terus meningkat dan tidak mengalami penurunan kunjungan wisata.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Wisata Taman Rusa.
Implementation Of A Mi Of Tourism Promotion In Increasing The Number Of Visitors To Sibreh Aceh Besar Deer Park Tours
ABSTRACT, This research is entitled "Implementation of Tourism Promotion Mix in Increasing the Number of Tourism Visitors in Sibreh Aceh Besar Taman Rusa." The purpose of this study is to find out the forms of promotion mix carried out by Wisata Taman Rusa managers and how to deal with decreasing tourist visitors to produce enhancements. visitors with the promotion mix. This study used a qualitative descriptive method with structured interviews in data collection. The theory used in this study is the AIDDA theory. In the selection of informants this study used purposive sampling method, while for analyzing the data, used the data analysis model Miles and Huberman.
The purpose of the establishment of Deer Park Tourism is to explore the potential of a unique new nuance, as a means of education, and recreation for the community (family). At Deer Park Tourism, promotions are implemented in the form of advertising , personal selling, sales promotions, public relations, and direct marketing. In addition, the promotion costs incurred and the number of visitors to Taman Rusa Tourism during the last two years 2016 with the number of visitors coming as many as 164,847 people and in 2017 the number of visitors who came visitors increased to 19,404 people. And in 2018 the final rate decreased by 5 % with the number of visitor 186,375.
Promotion costs incurred less than 50 million per year from research than can be concluded that promotional media used by deer park tourism have tried to provide the best so that visitors to deer park tourism continue to increase and not experience a decline in tourist visits.
Keywords: Promotion Mix, Wisata Taman Rusa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia