Peran Komunikasi Persuasif Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Lambaro Neujid (Studi Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar)

Dedi Asri

Abstract


ABSTRAK

Dedy Asri

 

            Penelitian yang berjudul “Peran komunikasi  persuasif  guru dalam  membina kedisiplinan  siswa di Sekolah Dasar Negeri Lambaro Neujid Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar”. Permasalahan penelitian adalah Bagaimana Peran Komunikasi Persuasif Guru dalam membentuk Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Lambaro Neujid?” Tujuan penelitian adalah  untuk mengetahui peran komunikasi persuasif guru dalam membina kedisiplinan siswa di SD Lambaro Nijid Kecamatan Aceh Besar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 72 siswa yang terdri dari siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Yang menjadi informan dalam penelitian ini ada 3 orang guru, yaitu guru wali kelas 4, 5, dan 6.  Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti  dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang terkumpul  dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti, guru pada umumnya tidak mengingatkan siswa mereka sebelum adanya pelanggaran terhadap disiplin, karena guru menganggap semua bentu tata tertib yang diatur di sekolah sudah diketahaui siswa. Sikap guru terhadap siswa yang melanggar disiplin sekolah tidak memperlihatkan sikap apapun kepada siswa. Tindakan yang digunakan guru terhadap ketidakdisiplinan siswa dilakukan guru dengan menggunakan komunikasi persuasif.  Kesimpulan penelitian ini yaitu guru berperan aktif dalam komunikasi persuasif pada pembinaan disiplin siswa di sekolah. Peran komunikasi persuasif guru cenderung terlihat pada tindakan-tindakan yang dilakukan guru baik di kelas mamupun di luar kelas.

 

Kata Kunci :  Komunikasi pesuasif,  Membina Kedisiplinan

 

THE ROLE OF THE TACHER PERSUASIVE COMUNICATION

IN FOSTERING THE STUDENT’S DISCIPLINE

 IN ELEMENTARY SCHOOL OF LAMBARO NEUJID

IN SUB-DISTRICT PEUKAN BADA, ACEH BESAR

 

 

Dedy Asri

 

ABSTRACT

The title of this reseach "The Role of the Tacher Persuasive Comunication In Fostering the Student’s Discipline  in Elementary School of Lambaro Neujid In Sub-district Peukan Bada, Aceh Besar”. The research problem is How is the Role of Teacher's Persuasive Communication in forming Students' Discipline in Lambaro Neujid State Elementary School? The population in this study were 72 students consisting of grade 4, grade 5, and grade 6. The informants in this study were 3 teachers, namely homeroom teachers 4, 5, and 6. The data collection techniques were carried out by researchers with using interview and observation techniques. The collected data is analyzed through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research obtained by the researcher, the teacher generally did not remind their students before the violation of the discipline, because the teacher considered all the forms arranged in the school had been known by the students. The teacher's attitude towards students who violate school discipline does not show any attitude to students. The actions used by the teacher towards students' indiscipline are carried out by using persuasive communication. The conclusion of this study is that teachers play an active role in persuasive communication on student discipline development in schools. The role of cendrung teacher persuasive communication can be seen in the actions taken by the teacher both in class mamupun di luar kelas.

 

Keyword: Persuasive Comunication, Fostering Discipline

 

 

 


Keywords


Kata Kunci : Komunikasi pesuasif, Membina Kedisiplinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia