Strategi Pedagang Batu Akik dalam Menarik Minat Pembeli di Kota Banda Aceh (Studi Komunikasi Pemasaran Marketing Mix)
Abstract
ABSTRAK
Tahun 2013-2016 yang lalu batu akik telah menjadi suatu komoditas yang sangat menarik hampir bagi semua orang. Batu Akik telah menjadi cenderamata bagi setiap orang termasuk bagi turis wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Banda Aceh. Namun sekarang ini telah menjadi barang yang kurang menarik lagi, hal ini diperkirakan karena kemampuan komunikasi pemasaran penjual batu akik yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pedagang batu akik dalam menarik minat pembeli di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori Pemrosesan Informasi McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang penjual batu akik di Kota Banda Aceh dengan objek kajiannya strategi pedagang batu akik di Kota Banda Aceh dalam menarik minat pembeli. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang batu akik di Kota Banda Aceh menggunakan tiga cara yakni melalui komunikasi dengan berbagai promosi baik penyampaian informasi secara personal dari mulut ke mulut maupun melalui komunikasi kelompok seperti diskusi dan seminar. Selain itu komunikasi pemasaran batu akik juga melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, brosur, spanduk, majalah dan koran. Di samping itu dalam menarik minat pembeli, para pedagang batu akik juga melakukan peningkatan hasil produksi yang menarik dan berkualitas seperti mata cicin dan kalung, dibuat yang lebih menarik bagi konsumen bertujuan untuk memperlancar pemasaran dan lebih mudah melakukan komunikasi dalam menarik minat pembeli. Selanjutnya para pedagang batu akik di Kota Banda Aceh juga menyesuaikan dengan harga yang dapat terjangkau oleh pembeli/kounsumen.
The Marketing Mix Strategy of Batu Akik in Attracting buyers in Banda Aceh City
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pedagang Batu Akik.
ABSTRACT
This study aims to find out the marketing mix strategy for marketing mix traders at Batu Akik in attracting buyers in the city of Banda Aceh. This study uses McGuire's Information Processing theory. This research method uses a qualitative approach with the type of research descriptive. The subject of this study were 10 people selling Batu Akik in Banda Aceh City with the object of study being the strategy of Batu Akik traders in Banda Aceh City in attracting buyers. Data collection techniques are carried out by interview and observation. Based on the results of the study, it can be seen that the marketing communication strategy carried out by Agate stone traders in Banda Aceh uses three ways, namely through communication through promotions, both personal information from one mouth to another, as well as through media such as brochures, banners, magazines, newspapers, fellow friends, seminars and others. In addition, in attracting buyers, Agate traders also create attractive and quality productions such as eyes and necklaces. To facilitate the distribution and make it easier to communicate in attracting buyers, Agate stone traders in Banda Aceh City adjust to prices that can be reached by buyers / consumers.
Keywords: Strategy, Marketing Communication, Marketing Mix, Agate Traders
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia