STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TRANSPORTASI PT. MAHARA TRANSPORTASI GROUP DI KOTA BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK, Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Transportasi Pt. Mahara Transportasi Group Di Kota Banda Aceh” .Tujuan penelitian ini adalah untuk dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan juga untuk mengetahui alternative strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan PT. Mahara Transportasi Group. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern perusahaan dalam iklim persaingan dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Informan atau subjek penelitian yang dipilih untuk diwawancarai sesuai tujuan penelitian yaitu Manajer Operasional/SDM Perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara terstruktur dan dokumentasi. Fokus penelitian penulis terpusat pada strategi komunikasi pemasaran PT. Mahara Transportasi Group dalam menumbuhkan minat konsumen untuk menggunakan jasanya dan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan dalam memasarkan jasanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran PT. Mahara Transportasi Group dalam menumbuhkan minat konsumen dengan memberikan promo pada hari dan tempat tujuan tertentu, dan juga dengan melakukan promosi/iklan berupa spanduk dan selebaran. Berdasarkan analisis SWOT, Pt. Mahara Transportasi Group menduduki kuadran I yaitu Growth dimana perusahaan memiliki kekuatan dan peluang untuk terus maju dalam menghadapi persaingan.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, jasa, transportasi.
" Marketing Communication Strategy of PT. Mahara Transportasi Group in Banda Aceh City ".
ABSTRACT, This research is entitled " Marketing Communication Strategy of PT. Mahara Transportasi Group in Banda Aceh City ". The aim of this research is to know the strengths, weaknesses, opportunities and threats that are owned by the company and also to find out alternatives strategies that can be used by the company PT. Mahara Transportation Group. The theory used in this study is the theory of SWOT analysis (Strength, Weakness, Oppurtunities, Threats). As for what is meant by this analysis is to identify the internal and external environment company in a climate of competition with companies engaged in the same business field. This study uses a descriptive qualitative approach. Informants or research subjects were chosen to be interviewed according to the research objectives, namely the Operations Manager / HR of the Company. Data collection methods used in the study were structured interviews and documentation. The focus of the author's research is centered on the marketing communication strategy of PT. Mahara Transportasi Group in growing consumer interest to use their services and how communication strategies are carried out in marketing their services. The results of this study indicate that the marketing communication strategy of PT. Mahara Transportasi Group in growing consumer interest by providing promos on certain days and destinations, and also by conducting promotions / advertisements in the form of banners and leaflets. Based on SWOT analysis, Pt. Mahara Transportasi Group occupies quadrant I, which is Growth where companies have the power and great opportunity to move forward in the face of competition.
Keywords : Marketing Communication, services, transportation
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia