Strategi Komunikasi Politik Partai Politik Pendukung HM Jamin Idham-CHalidin Oesman dalam Pemenangan Pemilukada di Nagan Raya

Intan Zihnia Syatira, Rahmat Saleh

Abstract


Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Politik Partai Politik Pendukung HM Jamin Idham-Chalidin Oesman dalam Pemenangan Pemilukada di Nagan Raya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh partai politik pendukung HM Jamin Idham-Chalidin Oesman beserta kendala yang dihadapi dalam pemenangan pemilukada 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teori yang peneliti gunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah teori political marketing. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara mendalam dengan ketua atau sekretaris partai politik yang mendukung. Dalam penelitian ini ada beberapa strategi yang digunakan partai politik pendukung HM Jamin Idham-Chalidin Oesman dalam pemenangan pemilukada di Nagan Raya, yaitu mengadakan komunikasi secara internal dan eksternal, survei masyarakat, pengembangan isu positif, door to door campaign, dan merangkul tokoh-tokoh berpengaruh. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pemenangan HM Jamin Idham-Chalidin Oesman yaitu pertama adanya black campaign, kemudian terjadinya miskomunikasi dan adanya intimidasi dari pemerintah.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Politik, Political Marketing, Pemilukada

 

Political Communication Strategy of Political Parties Supporting HM Jamin Idham-Chalidin Oesman in the Winning of Regional Head Election in Nagan Raya


This research is entitled "Political Communication Strategy of Political Parties Supporting HM Jamin Idham-Chalidin Oesman in the Winning of Regional Head Election in Nagan Raya". This study aims to find out the political communication strategies carried out by HM Jamin Idham-Chalidin Oesman supporting political parties along with the obstacles faced in winning the 2017 Regional Head Election. This study uses qualitative research methods using a descriptive approach. The theory that researcher uses as a reference in this study is the theory of political marketing. Data and information are obtained through in-depth interviews with the chairman or secretary of the supporting political parties. In this study there are several strategies used by HM Jamin Idham-Chalidin Oesman supporting political parties in winning the Regional Head elections in Nagan Raya, namely conducting internal and external communication, community surveys, developing positive issues, door to door campaigns, and embracing influential figures . While the obstacles faced in winning HM Jamin Idham-Chalidin Oesman were firstly the existence of a black campaign, then the occurrence of miscommunication and intimidation from the government.

Keywords: Political Communication Strategy, Political Marketing, Election


Keywords


Political Communication Strategy, Political Marketing, Election ; Strategi Komunikasi Politik, Political Marketing, Pemilukada

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia