Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi terhadap Kepuasan Nasabah

Putri Ridhotul Uliyah, Andri Yanta Lutan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel moderasi seperti kepercayaan, dapat memperkuat pengaruh dari kualitas layanan, dan keamanan terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini respondennya adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Johan Pahlawan dengan jumlah sampel adalah 96 responden. Teknik pengujian analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai Fhitung sebesar 335,687 > Ftabel atau 3,09. Maka kualitas layanan dan keamanan secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada persamaan regresi pertama diperoleh nilai RSquare sebesar 0,878 atau 87,8%. Variabel moderasi (Kepercayaan) pada persamaan regresi kedua menyebabkan nilai RSquare naik menjadi 0,909 atau 90,9%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa di Bank Syariah Indonesia KCP Johan Pahlawan, kepercayaan dapat memperkuat pengaruh positif dari kualitas layanan dan keamanan secara simultan terhadap kepuasan nasabah.

Keywords


Kepuasan Nasabah; Kualitas Layanan; Keamanan; Kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Aftab, J., Huma, S., Qurrat-ul-ain, S., & Maryam, Q. (2016). Importance of Service Quality in Customer Satisfaction (A Study on Fast Food Restaurants Related papers. Entrepreneurship and Innovation Management Journal, 4(4), 161–171. www.absronline.org/journals

Chusnah, & Indriana, K. T. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. Kinerja, 3(1), 111–122. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i1.1280

Fitri, N. A., Basri, H., & Lewispri, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Kasus pada PT. Bank Syariah Indonesia (Persero)Tbk. Cabang Palembang. In Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang (Vol. 13, Issue 1).

Ghozali Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro (p. 490).

Hendri, J. (2020). Pengaruh Keamanan, Resiko Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Mobile Banking. Skripsi Iain Bengkulu, 54–75.

Lestari, N. A., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com. Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–8. file:///C:/Users/Vivobook/Downloads/22568-Article Text-26577-1-10-20180118.pdf

Masiaga, N. R., Worang, F. G., & Mandagie, Y. (2022). ANALYSIS OF THE EFFECT OF SECURITY AND TRUST ON CUSTOMER SATISFACTION IN MANADO CITY WHO SHOPS ONLINE AT LAZADA.COM. In Mandagie 900 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 2).

Putri, R. J., & Rino, R. (2023). Pengaruh Kecepatan Layanan dan Keamanan Sistem Informasi terhadap Kepuasan yang Dimoderasi oleh Kepercayaan Mahasiswa UniversitasNegeri Padang pada …. Jurnal Salingka Nagari, 02(1), 72–86. https://jsn.ppj.unp.ac.id/index.php/jsn/article/view/85

Rahmadana, F. A. (2019). Skripsi.

Situmorang, S. H., & Lutfi, M. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. In Edisi ke 3.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sujarweni, V.W, V. W. (2019). Manajemen Keuangan: Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi 3. Andi Offset. https://books.google.co.id/books?id=crTZzwEACAAJ

Uliyah, P. R., & Asiah, N. (2024). Service Quality and Brand Equity Influence on Customer Satisfaction in Pegadaian Syariah Digital Simpang Peut. In Economic: Journal Economic and Business (Vol. 3, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.24815/jimen.v9i3.31755

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Redaksi:

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala

Lantai II Gedung Induk

Darussalam, Banda Aceh, 2311

email: jim.manajemen@feb.usk.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.