Pengaruh Perkembangan Penggunaan Smartphone Merek Samsung terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di Daerah Sekitar Surakarta

Arya Eka Rahyan Putra, Aflit Nuryulia Praswati

Abstract


This research aims to find out the impact of the development of the use of Samsung branded smartphones on customer-satisfied purchasing decisions as a mediation in the area around Surakarta. Satisfaction is a variable that helps a person decide to make a purchase in society. Respondents to this study were 129 respondents taken from the community data around Surakarta. Data collection was conducted online from respondents from the beginning of November to the end of the month. The sampling technique in this study uses purposive samplings. The method of analysis used is Structural Equation Analysis (SEM) based on PLS variants. (Partial Least Square). Analysis findings show that quality has a positive and significant influence on purchasing decisions; brand image has a good and significant impact on purchase decisions; promotion has a significant and positive impact on buying decisions; the relationship between quality, brand image and advertising promotion and purchase decisions can be mediated by customer satisfaction.


Keywords


Quality; Brand Image; Advertising Promotion; Customer Satisfaction; Purchase Results

Full Text:

PDF

References


Aninda, S. (2019). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-Cola di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Repositori USU.

C, C., & Wang, Y. (2020). Meneliti Hubungan antara Kualitas Keputusan Pembelian yang dirasakan dan Kepuasan Konsumen: Sebuah Studi tentang Smartphone Samsung. Jurnal Riset Pemasaran, 315-330.

Herawati, & Qomariyah. (2017). Pengaruh bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening. journal of Marketing and Commerce, Vol 4 No 1.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Juliana, K. E., Telagawathi, N. W., & Jana Susila, G. P. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Bisma: Jurnal Manajemen, 1-8.

Kim, D., & Lee, Y. (2021). Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen smartphone Samsung. Jurnal Internasional studi Konsumen, 210-226.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Lee, C., & Park, S. (2019). Memahami Dampak Kualitas Keputusan Pembelian yangdirasakan terhadap Niat beli konsumen (Studi Smartphone Samsung). Jurnal Studi Konsumen, 210-226.

Murwanti , S., & Pratiwi, A. P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Uang Jasa Service Motor Dengan kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Bengkel Motor Ahass Cabang UMS). Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 (pp. 209-227). Surakarta : Perkembangan Konsep dan Riset E-Business di Indonesia.

Murwanti, S., Febrianur, S. I., & Nuryulia, A. (2019). The Effect of Marketplace on China Smartphone Consumer Satisfaction in the Office Store and Black Market in Surakarta. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (pp. 171-175). Surakarta: 2nd International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2019).

Park, J., & Choi, Y. (2021). Meneliti hubungan antara Citra Merek dan Kualitas Keputusan Pembelian yang dirasakan: Studi kasus smartphone Samsung. Jurnal Riset Pemasaran Internasional, 315-330.

Pitamakoro, P. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Instan. eprint UNY, 1-110.

Prasetya, B. E., & Waskito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan Adi Santoso. eprint UMS, 1-61.

Rachmawati, D. S., & Andjarwati, L. A. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 25-29.

Santoso, D. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 Di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 112-129.

Setyowati, D. (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada konsumen Tokojavascloth). eprint UMS, 1-11.

Sibuea, M. A. (2017). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Nivea di Kelurahan Babura Kecamatan Medan Sunggal. Repositori UMA.

Smith, A., & Johnson, B. (2023). Pengaruh Kualitas Keputusan Pembelian Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen: Studi Smartphone Samsung. Prosiding Konferesi Internasional tentang Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 45-60.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimen.v9i2.29407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Redaksi:

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala

Lantai II Gedung Induk

Darussalam, Banda Aceh, 2311

email: jim.manajemen@feb.usk.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.