Pengaruh Promosi dan Local Brand Terhadap Minat Beli Ulang yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan pada Local Brand Socolattee

Nazila Mutia Rizqa, Muhammad Basyir

Abstract


This study aims to measure the effect of promotion and local brand influence on repurchase interest mediated by customer satisfaction on local brand socolattee. The sample used in this study was Socolatte Customers totaling 180 respondents. The data collection equipment used in this study was a questionnaire. The sample sampling technique used is Purposive sampling. Structural Equation Modeling (SEM) is used as an analytical method to determine the influence between the variables involved. Based on the results of SEM analysis identified that Promotion affects Socolatte Customer Satisfaction, Local Brand affects Socolatte Customer Satisfaction, Promotion affects Socolatte Buy Interest, Local Brand affects Socolatte Repurchase Interest, Customer Satisfaction affects Socolatte Repurchase Interest, Customer Satisfaction partially mediates the effect of Promotion on Socolatte Repurchase Interest, Customer Satisfaction partially mediates the influence of Local Brand on Socolatte Repurchase Interest.


Keywords


Promotion; Local Brand; Customer Satisfaction; Repurchase Interest; Structural Equation Modelling

Full Text:

PDF

References


Belopa, Eva Monica. 2015. Hubungan Kepercayaan Merek Dan Persepsi Kualitas dengan Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Silver International Clinic Balikpapan. eJournal Psikologi. Volume 3 No 3.

Bitner, Zeithaml. (2003). Reassement Of Expectations As A Compaison Standar In Measuring Service Quality: Implication For Futher Reseacrh. Journal Of Marketing. January (58) 111-124.

Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Marketing management. Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management, 15th ed., England: Pearson Education Limited.

Luthfiana, N. A., & Hadi, S. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 37-42. https://doi.org/10.14710/jab.v8i1.23767

Nur Haliza T.F, Yulistia Devi, Erlin Kurniati. 2023. PENGARUH MEREK LOKAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PAKAIAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Pakaian The Executive Kota Bandar Lampung), jurnal manajemen bisnis islam. Vol 4, No. 1

Nur Haliza T.F. 2022. PENGARUH MEREK LOKAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PAKAIAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Pakaian The Executive Kota Bandar Lampung), fakultas ekonomi dan bisnis islam, universitas islam negri, raden intan lampung

Roshan, P.A.A. and Sudiksa, I.B., 2019. Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sapitri, E., Sampurno, S. and Hayani, I., 2020. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), pp.231-240.

Sembada, I.V., Bustam, B. and Hotimah, E., 2022. Pengaruh Promosi dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Lyfira Hijab Dimediasi oleh Kepercayaan. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), pp.21-30.

Setiadi, N. J., & Konsumen, P. (2003). Konsep dan Implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Shimp, Terence A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi Edisi 8. Jakarta: Salemba empat

Socolatteaceh.com, diakses pada 7 Januari 2023

Sulhaini, rusdan, sulaimiah, rahmandayani. 2020. Pengaruh kesadaran dan kebutuhan merek lokal terhadap nilai emosional dan pembelian niat pada merek lokal. Jurnal manajemen dan bisnis. Bol 19, No. 1 maret

Syahputra, R.R. and Herman, H., 2020. Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), pp.62-70.

Tjahjaningsih, E., 2016. Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 28(2).

Tjiptono, Fandy. 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.24815/jimen.v9i1.29068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Redaksi:

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala

Lantai II Gedung Induk

Darussalam, Banda Aceh, 2311

email: jim.manajemen@feb.usk.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.