Pengaruh Live Streaming Terhadap Pembelian Impulsif Pada Platform Tiktok

Anastasya Yulius, Ariesya Aprillia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana live streaming di aplikasi TikTok memengaruhi pembelian impulsif. Sebanyak 115 responden yang memenuhi persyaratan dikumpulkan sebagai sampel berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis faktor konfirmatori dan Cronbach Alpha digunakan untuk mengevaluasi reliabilitas dan validitas tanggapan responden terhadap item pernyataan. Analisis regresi yang mudah digunakan untuk menilai hipotesis penelitian. Berdasarkan eksperimen tersebut, penelitian ini menetapkan bahwa live streaming berdampak pada pembelian impulsif yang dilakukan di platform TikTok.


Keywords


Live Streaming, Pembelian Impulsif, TikTok

Full Text:

PDF

References


Anisa, Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230

Cahyono, A. S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 140–157. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Fitriyani, Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus E-Commerce Shopee). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/jms.v6i2.11363

Fitriyani, & Nanda, A. S. (2021). Peran Impulse Buying Saat Live Streaming Pada Masa Covid-19 Dalam Mendorong Minat Belanja Masyarakat Sidoarjo. Semnastekmu, 1(1), 71–75.

Ghozali, I. (2017). Structural Equation Modelling: Concepts and Their Application by AMOS 24 (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Multivariate Analysis Application by IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gong, X., & Jiang, X. (2023). Understanding consumer impulse buying in livestreaming commerce: The product involvement perspective. Frontiers in Psychology, 14, 1104349. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1104349

Hulu, Y. J., & Christiarini, R. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Terhadap Penjualan Barang Thriftshop Di Kota Batam. JWM (JURNAL WAWASAN MANAJEMEN), 11(1), 73–90. https://doi.org/10.20527/jwm.v11i1.241

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754

Kotler, P., Amstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

MH, N., & Chaniago, H. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 2(3), 121–133. https://doi.org/10.35313/jrbi.v2i3.97

Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Impluse Buying Dalam Online Shopping. Kompetensi, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/kompetensi.v10i1.3424

Padmasari, D., & Widyastuti, W. (2022). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Sales Promotion Terhadap Impluse Buying Pada Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 123–135. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p123-135

Pandjaitan, D. R. H., MS, M., & Hadianto, B. (2021). Website quality, e-satisfaction, and e-loyalty of users based on the virtual distribution channel. Journal of Distribution Science, 19(7), 113–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15722/ jds.19.7.202107.113

Rahma, N. A., Dirgantara, I. M. B., & Alamadana, A. V. (2022). Analisis Pengaruh Pesan Kelangkaan Dan Live Commerce Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Diponegoro Journal of Management, 11(5), 1–12.

Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (2014). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452

Saputra, G. G., & Fadhilah. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suhyar, S. V., & Pratminingsih, S. A. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1427–1438. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1773

We Are Social. (2023). Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/




DOI: https://doi.org/10.24815/jimen.v8i4.25599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Redaksi:

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala

Lantai II Gedung Induk

Darussalam, Banda Aceh, 2311

email: jim.manajemen@feb.usk.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.