SECOND ORDER CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS PADA BRAND PERSONALITY LAZADA DI KOTA JAKARTA

Leny Rahayu, Arianis Chan

Abstract


Persaingan e-commerce yang sangat ketat saat ini menuntut brand Lazada memiliki brand personality yang kuat agar merek terdiferensiasi dari kompetitor, menyasar kepada target konsumen yang tepat, dan mampu membangun komunikasi secara emosional dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi brand personality Lazada dan menganalisis faktor pembentuk dari Brand Personality yang paling dominan. Populasi penelitian ini meliputi konsumen aplikasi Lazada di Jakarta dengan sampel sebanyak 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yang dilakukan secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Second Order Confirmatory Factor Analysis menggunakan model struktur linier (LISREL) versi 8.7. Hasil analisis menunjukan bahwa status brand personality Lazada berada pada kategori baik berdasarkan lima dimensi yang meliputi sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness. Diantara kelima dimensi tersebut, faktor yang paling dominan dalam membentuk brand personality adalah dimensi excitement yang memiliki t-value tertinggi sebesar 10,85 dibandingkan dimensi lainnya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jimen.v7i4.22537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Redaksi:

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala

Lantai II Gedung Induk

Darussalam, Banda Aceh, 2311

email: jim.manajemen@feb.usk.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.