PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT TERHADAP NIAT BERPINDAH YANG DIMEDIASI OLEH KETERLIBATAN KARYAWAN: STUDI PADA GRAPARI TELKOMSEL KOTA BANDA ACEH

Sri Nanda Novianti, Yurnalis Yurnalis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Person Organization Fit terhadap niat berpindahdengan keterlibatan karyawansebagai pemediasi pada karyawan Grapari Telkomsel Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para karyawan Grapari Telkomsel Kota Banda Aceh yang berjumlah 114 responden.Metode penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Hierarchical Linear Modelling (HLM) digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh dari semua variabel-variabel yang terlibat.Penelitian ini menunjukkan bahwa Person Organization Fit berpengaruh signifikan terhadapniat berpindah, Person Organization Fit berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan karyawan, keterlibatan karyawan berpengaruh signifikan terhadapniat berpindah, dan keterlibatan karyawanmemediasi pengaruh Person Organization Fitterhadapniat berpindah.

Keywords


Person Organization Fit, Niat Berpindah, Keterlibatan Karyawan

Full Text:

PDF

References


Abdolvand, Mohamad Ali., Kambiz Heidarzadeh Hanzaee., Afshin Rahnama., & Khospanjeh. (2011). The Effect of Situasional and Individual Factors on Impulse Buying . World Applied Sciences Journal, 13(9), 2108-2117

Ahmad, Tauseef. (2011). The Impulse Buying Behavior of Consumen For The FMCG. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(11), 1704-1710

Arafah, Ananda Tenri, et.al. (2014). Penerapan Visual Merchandising Sebagai Alat Komunikasi Pemasaran Produk Wakai Shoes Store di Tunjungan Plaza 3 Surabaya. 2(1)

Arifah Khoirunnisa. (2016). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Behavior Pada Mall Solo Paragon. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis: Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Banerjee, Sonali & Sunetra Saha. (2012). “Impulse Buying Behaviour in Retail Stores-Triggering The Senses” Asia Pasific Journal of Marketing & Management Review, 1(2)

Bell, J., & Ternus, K. (2012). Silent selling: Best Practices And Effective Strategies In Visual Merchandising (4th ed.). Canada.

Berman, Berry and Joel R. Evans. (2011). Retail Management. USA: Prentice Hall

Buchari Alma. (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. (2006). Metode Riset Bisnis 1. Jakarta: PT Media Global Edukasi

Devi Yanthi dan Edwin Japarianto. (2014). Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervaning Pada Area Ladies Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2(2)

Ebster, C., & Garaus, M. (2011). Store Design and Visual Merchandising: Creating Store Space That Encourages Buying. New York: Business Expert Press, LLC.

Fring, G.S. (2014). Fashion: from concept to customer 9th edition. Edinburg Gate Harlow: Pearson Education Limited.

Gillani,ms. Fatima. (2012). Impact of Peer Pressure and Store Atmosphere on Purchase Intention: An Empirical Study on the Youngsters in Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hatane, Samuel. (2007). Pengarh Stimulus Media Iklan, Uang Saku, Usia dan Gender Terhadap Kecenderungan PerilakuPembelian Impulsif (Studi Kasus Produk Pariwisata). Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra, 2(1), 31-42.

Hendri, Ma’ruf,. (2005). Pemasaran Ritel, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13 jiid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Levy M. & Weitz B.A. (2007). Retailing Manajement. 6th Edition. Boston: Mc Graw Hill.

Malhotra, N.K. & Birks, D.F. (2003). Marketing Research: An Applied Approach. London: Orientation. Prentice Hall.

Iqbal, Azmiya et al. (2011). Visual Merchandising and Customer Appeal. Bahrain: Birla Institute of Technology

Jain, V., Sharma, A., Narwal, P. (2012). Impact of visual merchandising on consumer behavior towards women’s apparel. International Journal of Research in Management, 5(2)

Jain, D. R. (2013). Effect of Visual Merchandising of Apparel on Impulse Buying Behavior of Women. Indian Jurnal of Applied Research, 3 (12).

Jessica, Novia. (2015).The Effect of Visual Merchandizing On Impulsive Buying With Impulsive Buying Tendency As Moderating Variable. Journal Marketing.

Jovita Guntara Sudarsono. (2017). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Pada Zara Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1)

Kasimin; Dhiana, Patricia; Warso, Muh Mukery. (2014). “Effect Of Discounts, Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko Intan Purwokerto”. Skripsi. Fakultas Ekonomi: Universitas Pandanaran Semarang.

Khandai Sujata. (2012). The Effect Of Situasional And Individual Factors On Impulse Buying . Management Jornal.

Kharis, Ismu Fadli. (2011). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Skripsi Universitas Diponegoro.Semarang.

Kim, Jiyeon. (2003). College Students Apparel Impulse Buying Behaviors In Relation To Visual Merchandising. Journal of Service Research. 8(3)

Manek, Novita Sari. (2014). Pengaruh Credit Card, Window Display, Discount, & Free Product Terhadap Perilaku Impulsive Buying di Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(2)

Maria Agustina Sutanto, dan Bambang Haryadi. (2015). Implementasi In Store Promotion Dalam Meningkatkan Store Financial Performance Pada CV Gaya Sepeda Indonesia. Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra. AGORA 3(1)

Mehta, N. P., and Chugan, P. K. (2013). The Impact of Visual Merchandising on Impulse Buying Behavior of Consumer: A Case from Central Mall of

Ahmedabad India. Universal Journal of Management, 1, 76-82.

Mopidevi Ramarao, dan Rama Sree Lolla. (2013). “Visual merchandising an impulsive reinforcer of purchases leading to social imbalance: a case study on middle class families in Hyderabad”. Journal of Business and Management. 9(6), 2319-7668.

Nadia Soraya Harahap dan Karto Adiwijaya. (2013). Analisis Pengaruh Window Display Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Peran Moderasi Consumer Knowledge. Jurnal Pemasaran.

Oberman, Raoul, et al. (2012). The Archipelago Economy: Unleashing Indonesia’s Potential. McKinsey Global Institute.

Olia Gunawan. (2012). Pengaruh Visual Merchandising dan Sales Promotion Terhadap Impluse Buying Yang Dimediasi Impulse Buying Tendency Pada “Etude House” Grand City Mall di Surabaya. Jurnal Marketing.

Pegler, M. M. (2012). Visual Merchandising and Display Sisth Edition. New York: Fairchild Books.

Phuong, Le. (2018). The Influence of Online Visual Merchandising on Impulse Purchasing. University of Applied Sciences

Rahmawati, dan Januar Dwi Widya. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1(1)

Rook, D. W., & Hoch, S. J. (1985). Consuming Impulses. Advances in Consumer Research, 12, 23-27.

Rook, D. W. (1987). The Impulse Buying . Journal of Consumer Research, 14, 189- 199.

Sahni, N. E. et al., (2014). Effect of Targetes Promotins: Evidence From Fiel Experiments.

Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. ANDI: Yogyakarta.

Sari, Taman Ayu, Dewa dan Alit Suryani, (2015). Pengaruh Merchandising, Promosi dan Atmosfir Toko Terhadap Impulse Buying .

Sarjono, Haryadi, dan Julianita, Winda. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Semuel, H. (2005). Respon Lingkungan Belanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7 (2), 140-158.

Sujana, Asep ST. (2005). Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yanthi, Devi & Edwin Japarianto. (2014). Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Area Ladies Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran

Petra, Vol. 2, No. 2, (2014).

Uma Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

http://.bps.go.id




DOI: https://doi.org/10.24815/jimen.v4i2.10961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Redaksi:

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala

Lantai II Gedung Induk

Darussalam, Banda Aceh, 2311

email: jim.manajemen@feb.usk.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.