PENGARUH SISTEM PENJUALAN E-COMMERCE BAGI KINERJA KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM) DI KOTA BANDA ACEH

Misrahul Khaira, Jalalluddin Jalalluddin

Abstract


This study aims to analyze the impact of financial performance on MSMEs in Banda Aceh. This research is expected to provide input to each individual and group on the importance of improving financial performance for MSMEs in Banda Aceh and know how a good E-commerce sales system works according to the development of the era The method used in this study is a mix of methods that are a combination of quantitative and qualitative methods. Data collection instruments using questionnaires and interviews with a sample of 100 people selected using simple random sampling. The results of this study show that the revenue after using the e-commerce sales system is greater than before using. The partial use of e-commerce sales system affects the Financial Performance of MSMEs in Banda Aceh because the significance value is less than 0.05.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kinerja keuangan pada UMKM di Banda Aceh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan pada setiap individu maupun kelompok mengenai pentingnya peningkatan kinerja keuangan bagi pelaku usaha UMKM di Banda Aceh serta mengetahui cara kerja sistem penjualan E-commerce yang baik sesuai perkembangan zaman Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods yaitu gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan sampel sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan sesudah menggunakan sistem penjualan e-commerce lebih besar daripada sebelum menggunakan. Penggunaan sistem penjualan e-commerce secara  parsial berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Banda Aceh karena nilai signifikansi kurang dari 0.05.


Keywords


Sales System, Financial Performance

Full Text:

PDF

References


Ambo Aco , Andi Hutami Endang.2017. Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Alimudin, zakki dkk. 2019. Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Kediri: Universitas Narotama.

Bank Indonesia. (2016). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta, Indonesia: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia.

Uma, Sekaran. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Widayat, A. (2002). Riset Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Http://Datakumkm.Acehprov.Go.Id/Index.Php/Umkm

https://sumatra.bisnis.com/read/20180628/534/810401/jumlah-umkm-di-aceh-naik-kualitas-stagnan

https://data.bandaacehkota.go.id/index.php/dataset/single/perkembangan-usaha-kecil-dan-menengah/00c62df2-1be6-4ac7-beda-527dafba6572

https://sumatra.bisnis.com/read/20180628/534/810401/jumlah-umkm-di-aceh-naik-kualitas-stagnan

https://www.antaranews.com/berita/1786285/sektor-umkm-di-aceh-mulai-jajaki-pasar-digital




DOI: https://doi.org/10.24815/jimeki.v3i1.18506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________

Indexed by:

___________________________________________________________

Published by:

Islamic Economics Department 
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.