FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BISNIS UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI BANDA ACEH

Muhammad Arief Furqan, Ahmad Nizam

Abstract


This study aims to determine the factors that influence the decision to choose a Food and Beverage UMKM business in Banda Aceh. The sample used in this study were 100 UMKM entrepreneurs of Food and Beverage in Banda Aceh. The data collection equipment used in this study was a questionnaire. The sampling technique used was purposive sampling. Multiple linear regression is used as a method of analysis to determine the effect of all the factors involved. Based on the results of partial and simultaneous analysis, it indicates that location, price, labor, shop atmosphere, and halal certification simultaneous influence the decision to choose UMKM business.


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih bisnis UMKM Makanan dan Minuman di Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM Makanan dan Minuman di Banda Aceh yang berjumlah 100 responden. Peralatan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Regresi linear berganda digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh dari semua faktor-faktor yang terlibat. Berdasarkan hasil analisis parsial dan simultan, mengindikasikan bahwa lokasi, harga, tenaga kerja, suasana toko, dan sertifikasi halal berpengaruh terhadap keputusan memilih bisnis UMKM

Keywords


Location, price, labour, store atmosphere, halal certificate, decision to choose UMKM, multiple linear regression

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi. Asropudin. Alimarwan, Hanan. (2003). Seri Kebijakan Usaha Penjaminan Kredit dan Perkuatan Usaha KUKM.

Jakarta: Kementrian Koperasi dan UKM.

Amrin, Abdullah. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Grasindo.

Anoraga, Pandji. (2010). Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana.

Arif, M. Nur Rianto Al. (2012) Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta. Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Assauri, Sofjan. (2012). Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta: Rajawali Pers.

Bugin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Buchari Alma dan Donni Juni Priansa. (2014) Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Edisi Revisi. Bandung: Afabeta.

Danupranata, Gita. (2013). Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2009). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Depag RI. Hair Lamb dan Mc Daniel. (2001) Pemasaran (Terjemahan) Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba

Empat.

Hartanto, Sastro Soenarto. (2006). Industrialisasi serta Pembangunan Sektor Pertanian dan Jasa Menuju Visi Indonesia 2030. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

H.Boedi Abdullah & Beni Ahmad Saebani. (2014). Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah).

Bandung: CV Pustaka Setia.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Herry Sutanto dan Khaerul Umam. (2013). Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar. (2009) Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, Faried Wijaya, et al. (1996). Pemasaran Prinsip dan Kasus, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE. Jusmaliani. (2008). Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kertajaya, Hermawan dan Syakir Sula, Muhammad. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan Pustaka.

M. Fahmi Khan & Suherman Rosyidi. (2014). Esai-Esai Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad Ismail Yusanto dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. (2002). Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani Press.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nitisusatro, Mulyadi. (2013). Perlaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, J Setiadi. (2005). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Cempaka.

Philip Kotler dan G. Amstrong. (1997) Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

P. Siagian, Sondang. (2008). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara. Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Rahmana, Arief. (2009). Peranan Tekhnologi Informasi dalam Peningkatang Daya Saing Usaha Kecil Menengah, Seminar Teknologi Informasi (SNATI), ISSN: 1907-5022, Yogyakarta.

Reksohadiprodjo, Sukanto. (2003). Manajemen Strategi, Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Rivai, Veithzal. (2012). Islamic Marketing: Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rasulullah SAW, Jakarta: Gramedia.

Sula, Muhammad Syakir. (2004). Asuransi Syari‟ah: Konsep dan Operasional. Jakarta: Gema Insani Press.

Supriyanto. (2006). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3 (1).

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Swastha, Basu. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE

UGM.

Thorik Gunara dan Utus Hardiono Sudibyo. (2007). Marketing Muhammad SAW. Bandung: CV Multi Trust Creative Service.

Tiktik Sartika Partomo & Abd. Rachman Soejoedono. (2004). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: ANDI OFFSET. Tulus, T.H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

W. Lamb et al, Charles. (2001). Pemasaran Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. www.ekonomibisnis.com

www.mirror.acehprov.go.id/news/read/2020/02/20/7044/aminullah-banda-aceh- fokus-kembangkan- umkm.html

www.liputan6/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia-ini hitungnya www.https://bandaacehkota.go.id/berita/5156/pertumbuhan-umkm-dan- koperasi-di-banda-aceh-

sangat-signifikan-2.html

www.dataumkm.acehprov.go.id/index.php/umkm www.antaranews/berita/1786285/sektor-di-aceh-mulai-jajaki-pasar-digital www.kompas.id/baca/nusantara/2020/06/10/20-307




DOI: https://doi.org/10.24815/jimeki.v3i1.18504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________

Indexed by:

___________________________________________________________

Published by:

Islamic Economics Department 
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.