FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGUSAHA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG ACEH
Abstract
This study aims to determine and analyze the influence of knowledge, motivation, reputation and location on the interests of SME’s (Micro, Small, Medium Enterprises) entrepreneurs to propose financing in Islamic banks (Bank Syariah Mandiri). The research used quantitative research. The population in this research is the SME’s customers who applied for financing in Bank Syariah Mandiri (BSM) branch office Aceh. The technique of sampling method used simple random sampling and retrieved samples of 95 respondents. For data analysis method, using multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study indicated that knowledge, motivation, reputation and location simultaneously affect the interest. Partially, the result shows that knowledge, reputation and location have a significant effect on interest. While the motivation does not affect the interest of SME’s entrepreneurs to propose financing in Islamic banks.
Keywords: interest, knowledge, motivation, reputation and location
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi terhadap minat pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mengajukan pembiayaan di bank syariah, tepatnya di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah UMKM yang mengajukan pembiayaan pada BSM Kantor Cabang Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian 95 responden. Untuk metode analisis data, menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi secara simultan mempengaruhi minat. Secara parsial, penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, reputasi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat. Sementara motivasi tidak berpengaruh terhadap minat pengusaha UMKM mengajukan pembiayaan di bank syariah.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/jimeki.v1i1.15060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________
Indexed by:
___________________________________________________________Published by:
Islamic Economics Department
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.