Kemampuan Pemasaran Dan Penawaran Sebagai Faktor Daya Saing Keunggulan Kontraktor Di Kota Banda Aceh

Teuku Anandasyah Pahlevi, Nurisra Nurisra, Mahmuddin Mahmuddin

Abstract


Meluasnya pasar di bidang konstruksi saat ini memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat, karena mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara sehingga setiap perusahaan jasa konstruksi harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat menciptakan daya saing dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan mencegah kebangkrutan pada perusahaannya. Pemasaran merupakan suatu fungsi yang meliputi sejumlah aktivitas dalam menukarkan jasa perusahaan konstruksi untuk keuntungan ekonomis. sedangkan Strategi penawaran (bidding strategy) bagi suatu perusahaan sangatlah bergantung pada tujuan perusahaan, di antaranya adalah memaksimumkan keuntungan (profit). Penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor dominan dari pemasaran dan penawaran terhadap daya saing kontraktor serta karakteristik apa saja untuk meningkatkan daya saing kontraktor kelas menengah di Kota banda Aceh. Untuk kegiatan pemasaran dan penawaran dengan nilai mean tertinggi terdapat pada tingkat keberhasilan penawaran selama 3 tahun terakhir dengan nilai mean sebesar 4,00, selanjutnya ada pengaruh prestasi kerja dengan nilai mean 3,91, dan ada tingkat keberhasilan dalam mengikuti prakualifikasi dengan nilai mean sebesar 3,89.

Keywords


Perusahaan jasa konstruksi; faktor daya saing; pemasaran dan penawaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   Flag Counter 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.