Kemampuan Pemasaran Dan Penawaran Sebagai Faktor Daya Saing Keunggulan Kontraktor Di Kota Banda Aceh
Abstract
Meluasnya pasar di bidang konstruksi saat ini memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat, karena mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara sehingga setiap perusahaan jasa konstruksi harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat menciptakan daya saing dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan mencegah kebangkrutan pada perusahaannya. Pemasaran merupakan suatu fungsi yang meliputi sejumlah aktivitas dalam menukarkan jasa perusahaan konstruksi untuk keuntungan ekonomis. sedangkan Strategi penawaran (bidding strategy) bagi suatu perusahaan sangatlah bergantung pada tujuan perusahaan, di antaranya adalah memaksimumkan keuntungan (profit). Penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor dominan dari pemasaran dan penawaran terhadap daya saing kontraktor serta karakteristik apa saja untuk meningkatkan daya saing kontraktor kelas menengah di Kota banda Aceh. Untuk kegiatan pemasaran dan penawaran dengan nilai mean tertinggi terdapat pada tingkat keberhasilan penawaran selama 3 tahun terakhir dengan nilai mean sebesar 4,00, selanjutnya ada pengaruh prestasi kerja dengan nilai mean 3,91, dan ada tingkat keberhasilan dalam mengikuti prakualifikasi dengan nilai mean sebesar 3,89.
Keywords
Perusahaan jasa konstruksi; faktor daya saing; pemasaran dan penawaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.