Karakteristik Penggunaan Parutan Ban Dalam Bekas Kendaraan Roda 4 Terhadap Campuran AC-BC

Farach Dina, Sofyan M. Saleh, Fitrika Mita Suryani

Abstract


Penggunaan aspal sering memberikan indikasi kurang tahan lama karena proses oksidasi terutama oleh proses pemanasan, sehingga jalan (perkerasan lentur) cepat mengalami kerusakan antara lain retak-retak. Pada penelitian ini digunakan bahan tambah parutan karet ban dalam bekas kendaraan roda 4 sebagai bahan substitusi agregat serta penggunaan Portland Cement (PC) sebagai filler pada campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) dengan cara kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan parutan karet ban dalam bekas dengan Portland Cement (PC) sebagai filler terhadap karakteristik Marshall campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC). Tahapan awal penelitian adalah mencari Kadar Aspal Optimum (KAO), kemudian dilakukan penambahan parutan karet ban dalam bekas mulai dari 0%, 1%, 2%, 3%, 4% dan 5% terhadap berat agregat. Dari hasil penelitian menunjukkan penambahan persentase parutan karet ban dalam bekas dengan Portland Cement (PC) sebagai filler, mempengaruhi nilai parameter Marshall, terutama nilai MQ, VIM, VFA dan durabilitas pada kadar aspal 5,285% dengan pemakaian filler Portland Cement (PC) 100%. Untuk yang memenuhi persyaratan yaitu nilai stabilitas, flow, density dan VMA.


Keywords


Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), Parutan Karet Ban Dalam Bekas, Portland Cement (PC).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   Flag Counter 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.