Penggunaan VISSIM pada Perancangan Lajur Khusus Sepeda Motor di Jalan T. Nyak Arief Menuju Jalan Tengku Mohd. Daud Beureueh
Abstract
Abstrak
Perkembangan Kota Banda Aceh ditandai dengan bertambahnya jumlah penduduk di setiap tahun dan timbulnya permasalahan transportasi. Tahun 2016 jumlah penduduk mengalami kenaikan sebesar 3% berdasarkan BPS kota Banda Aceh, disertai tingkat kepemilikan kendaraan yang terus bertambah dengan sepeda motor mendominasi hingga 80%. Jumlah sepeda motor yang cukup banyak di jalan mengakibatkan turunnya kinerja jalan perkotaan. Tujuan penelitian ini meninjau kinerja jalan perkotaan pada keadaan eksisting menggunakan MKJI 1997 kemudian mendisain lajur khusus sepeda motor menggunakan VISSIM. Penelitian dilakukan pada Jalan T. Nyak Arief menuju Jalan Tengku Mohd. Daud Beureueh. Volume tertinggi terjadi pada hari Senin sore dengan total 2669 smp/jam atau 5452 kend/jam. Analisa menggunakan MKJI didapat DS 0,66 dengan level of service (LOS) C. Kemudian melakukan simulasi pada keadaan eksisting didapat LOS C dengan hasil uji validasi 6,15%. Analisa yang dilakukan setelah penambahan lajur khusus dengan hasil level of service (LOS) adalah B artinya arus stabil tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas dengan hasil uji validasi 9,70%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.