ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN MENGUNAKAN METODE PKJI 2023

Sita Riski, Muhammad Isya, Juliana Fisaini

Abstract


Simpang Jalan W.R. Supratman  –  Jalan Cut Mutia – Jalan Teungku Dianjung merupakan salah satu persimpang empat lengan yang ada di Kota Banda Aceh, yang mana pada simpang tersebut tidak ada pengaturan lalu lintas, sehingga mengakibatkan konflik antar kendaraan, tundaan dan antrian lalu lintas ,lebar lengan simpang yang tidak sama serta lokasi tersebut merupakan kawasan komersial yang mana terdapat toko, caffe, dan pedagang kaki lima di sekitar simpang sehingga banyak kendaraan yang melewati simpang tersebut yang mengakibatkan terjadinya konflik antar kendaraan sehingga menurunkan kapasitas dan kinerja jalan yang ada di sekitar simpang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas dan kinerja persimpangan dalam kondisi eksisting. Data yang digunakan mencakup arus lalu lintas dan hambatan samping yang diperoleh dari survi lalu lintas pada hari Senin, Sabtu dan Minggu. CCTV (Closed Circuit Television) dipasang di sekitar persimpangan untuk mendapatkan data. Dasar-dasar perhitungan menggunakan metode Kapasitas Simpang pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (PKJI 2023. Hasil penelitian menu jukan bahwa volume lalu lintas tertinggi di hari Senin pukul 17:00-18:00 yang mencapai (q) = 3850 SMP/jam. Dari hasil yang didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ)=1,18 dan masuk pada kategori tingkat pelayanan F, tundaan pada simpang sebesar 7,55 detik/SMP dengan peluang antrian 57,13 % - 115,00%.


Keywords


Simpang; Derajat Kejenuhan; Kinerja; Konflik; Arus.

Full Text:

PDF

References


. Paendong, A. A., Tomboeleng, J. A., dan Rompis, S.Y.R. (2020). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersignal. Studi kasus Simpang Tak Bersignal Lengan Tiga JL.Hasanuddin, Jl. Santiago dan Jl. Pogidon, Tuminting.

. Risdiyanto. (2014). Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas, Yogyakarta, Penerbit, Leutikaprio

. Direktorat Jendral Bina Marga, (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta (PKJI 2023).

. Badan Pusat Statistik Kota Banda Aceh, Jumlah Penduduk Kota Banda Aceh (2022). https://aceh.bps.go.id/(06 Oktober 2023).

. Google inc,”Google Maps,’ 2023.[Online] Available:

https://www.google.com/maps/place/Jl.+WR+Supratman,+Peunayong,+Kec.+Kuta+Alam,+Kota+Banda+Aceh,+Aceh/@5.5605147,95.3169639,18.12z/data=!4m6!3m5!1s0x30403737b774cf59:0xc768d6259f2294eb!8m2!3d5.5604163!4d95.3190977!16s%2Fg%2F1hm3vdbkm?hl=id&entry=ttu.

. Direktorat Jendral Bina Marga, (2021). Pedoman Desain Geometrik Jalan. Jakarta

. Gapi, I. M., Lefrandt, L. I., & Rompis, S. Y. (2022). Analisa Kinerja Simpang Lengan Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Lengan Tiga Jl. Raya Bastiong–Jl. Raya Mangga dua-Jl. Sweering Mangga Dua di Kota Ternate). TEKNO, 20(80).

. Hakim, A.L.N., Kurniawan, A.D., Pratama, N.G., Mardiani, H.P., dan Abror, A.H. (2023). Desain Perencanaan Kinerja Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal pada Jalan Gayung Kebonsari Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia

. Hidayat, M.H., Aprillianto, H., Rizani, M.D., dan Ariawan, D. (2022). Analisa Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Semarang – Grobongan Pada Persimpangan Pasar Karangawen Kabupaten Demak.

. Hidayat, D. W., Oktopianto, Y., & Sulistyo, A. B. (2020). Peningkatan Kinerja Simpang Tiga Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tiga Purin Kendal). Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(2), 118-127.

. Kusumaningrum, J., dan Wulan, A. (2019). Peningkatan Kinerja Bundaran Dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 (Studi Kasus: Bundaran Kecapi Kota Bekasi) 1 Jennie, 1997(2),1–13.

. Morlok, E.K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta.

. Prasetyanto, Dwi. (2019), Rekayasa Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan, Bandung, Penerbit Itenas.

Prasetyo, H.E., Setiawan, A., dan Pradana, A. (2022). Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan

. Zulkarnaidi, Z., Guswandi, G., & Junaidi, J. (2018, December). Analisa Persimpangan Tidak Bersinyal Menggunakan Metode Pkji 2014 (Studi Kasus: Jalan Sultan Syarif Kasim–Diponegoro). In Seminar Nasional Industri dan Teknologi (pp. 445-452).




DOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v6i2.29475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   Flag Counter 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.