ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDASARKAN PERHITUNGAN ULANG EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL AMD DAN LHONG RAYA
Abstract
Persimpangan adalah suatu simpul transportasi yang terdiri dari beberapa pendekat termasuk arus kendaraan. Beberapa dari pendekatan ini bertemu dan menyimpang saat pengguna jalan meninggalkan persimpangan. Persimpangan dibagi menjadi simpang tidak bersinyal dan simpang bersinyal. Simpang bersinyal paling banyak dioperasikan di Kota Banda Aceh. Simpang bersinyal dilengkapi dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang bertujuan untuk mengurangi konflik dan membuat arus pada simpang jalan dengan semestinya yang dihitung menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2023). Perlu dilakukannya pengkalibrasian ulang PKJI 2023 guna memenuhi standar efektifitas simpang bersinyal saat ini. Untuk memecahkan masalah ini, maka harus dilakukan penelitian terhadap nilai ekivalensi mobil penumpang. Menurut Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2023) nilai ekivalensi mobil penumpang dirumuskan dengan (SM) 0,15, (KR) 1,00, dan (KB) 1,30, tetapi ini tidak selalu benar, karena dapat dimodifikasi. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengkalibrasian ulang nilai ekivalensi mobil penumpang pada PKJI 2023. Penelitian ini dilakukan pada dua simpang bersinyal yaitu Simpang AMD Batoh dan Simpang Lhong Raya. Penelitian ini dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa model nilai ekivalensi mobil penumpang yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan untuk memprediksi arus jenuh dasar simpang, terutama untuk tujuan desain dan pengoperasian simpang. Validasi kalibrasi model ini dirumuskan dengan (SM) 0,12, (KR) 1,00, (BM) 0,64, dan (KB) 1,61, dapat diterima dengan tingkat keakuratan untuk pengujian signifikansi ≤ 5% dan pengujian koefisien determinasi ≥ 75%. Model ini juga tervalidasi untuk simpang berlengan efektif 3,5-9,5 m.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v6i2.28171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.