Analisis Kondisi Perkerasan Kaku menggunakan Metode Indeks Kondisi Perkerasan (Studi Kasus: Akses Jalan di Lingkungan Terminal Banda Aceh)
Abstract
Perkerasan jalan memiliki peran penting dalam transportasi, mempengaruhi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Namun, faktor kerusakan jalan menyebabkan kondisi perkerasan semakin memburuk. Penelitian ini berfokus pada kondisi perkerasan kaku pada akses jalan di lingkungan Terminal Tipe A Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kriteria kondisi jalan, mengidentifikasi jenis kerusakan, dan menghitung persentase kerusakan pada perkerasan kaku. Penelitian ini, menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) untuk menilai indeks kerusakan pada perkerasan kaku. Pada penelitian ini jalan yang ditinjau adalah dari akses masuk hingga keluar Terminal Banda Aceh, dengan panjang akses jalan 792 m. Jumlah total unit sampel adalah sebanyak 14 unit sampel, setiap unit sampel memiliki panjang 50 m dengan lebar 8 m. Dari sampel tersebut, hanya 8 unit sampel yang ditinjau dengan minimum sampel yang ditinjau adalah 3 unit sampel. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 16 macam kerusakan dari 18 jenis kerusakan perkerasan kaku yang terdapat pada akses jalan di lingkungan Terminal Tipe A Banda Aceh. Jenis kerusakannya adalah blow up/buckling, retak sudut , divided slab, retak keawetan “D”, penanggaan, penyumbat sambungan, retak garis, penurunan bahu, tambalan besar, tambalan kecil, pengausan agregat, popouts, punch out, gompal sudut, retak susut, dan gompal. Nilai rata-rata IKP sebesar 46,29 yang menunjukan kriteria kondisi jalan buruk/poor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitri, K. (2021). Redesign Terminal Mini Bus Tipe B Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Ardiandi, R. (2021). Redesign Terminal Bus Tipe A di Banda Aceh (Pendekatan Green Architecture) (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Farida, I., Sidik, R. T. P. dan Zhafirah, A. (2022). Evaluasi Penataan Terminal Angkutan Darat Pameungpeuk Kabupaten Garut. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 3(2).
Hidayat, S. R. dan Santosa, R. (2018). Kajian Tingkat Kerusakan Menggunakan Metode PCI Pada Ruas Jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo. Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, 1(2), 65.
Rainal, R., Niken, C. dan Karami, M. (2020). Analisis Penyebab Retak Melintang dan Retak Rambut Pada Perkerasan Kaku Studi Kasus Jalan Toll Bakauheni–Sidomulyo (Lampung Selatan). REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung, 24(1), 1-5.
Danang, Y. S. Y. (2022). Analisis Kerusakan Perkerasan Kaku Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Alternatif Solusi Perbaikan (Doctoral dissertation, Universitas Tunas Pembangunan)
Pedoman 19/SE/M/2016. (2016). Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP)
ASTM, D6433-11. (2007). Standar Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys
Hidayat, S. R. dan Santosa, R. (2018). Kajian Tingkat Kerusakan Menggunakan Metode PCI Pada Ruas Jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo. Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, 1(2), 65.
Romadhon, M. F., Susanto, D. A., Anugrahamdani, S. dan Sunhadji, R. R. (2021). Analisis kondisi kerusakan jalan pada ruas jalan Kadudampit dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Jurnal TESLINK: Teknik Sipil dan Lingkungan, 3(2), 84-94.
Sukirman, S. (1999). Perkerasan lentur jalan raya, Penerbit Nova, Bandung
Yamali, F. R. dan Raudhati, E. (2022). Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Rigid Dengan Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Studi Kasus Jalan Lintas Muara Tembesi–Muara Bulian. Jurnal Talenta Sipil, 5(2), 354-360.
Sukirman, S. (1999). Perkerasan lentur jalan raya, Penerbit Nova, Bandung
DOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v5i4.28094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.