Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Pelayanan Kendaraan pada Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue merupakan pelabuhan yang terletak di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Saat ini, Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue menjadi satu-satunya pelabuhan penyeberangan yang melayani penyeberangan penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang dan juga ke Pulo Aceh. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna jasa di Pelabuhan Ulee Lheue, maka pengelola pelabuhan tetap harus memperhatikan kualitas pelayanan yang mencakup kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan wujud fisik. Terkait dengan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan yang diberikan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu metode kuesioner. Metode kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja dari pelabuhan pada 190 orang responden yang membawa kendaraan, dengan metode analisis yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata tingkat kesesuaian responden (Tki) seluruh atribut pelayanan adalah 72,13%, sehingga secara keseluruhan mutu pelayanan kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue dikategorikan C atau kurang baik.
Keywords
Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, tingkat pelayanan, kepuasan, kinerja, Importance Performance Analysis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v5i2.23515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.