Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Bored Pile Menggunakan Data N-SPT dan Hasil PDA Test Pada Jop Proyek Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi II
Abstract
Banyak metode yang dapat digunakan untuk perhitungan daya dukung pondasi. Setiap metode dengan asumsi yang berbeda-beda cenderung menghasilkan besaran daya dukung yang berbeda. Tujuan penelitian untuk mengetahui daya dukung pondasi bored pile pada JOP pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh menggunakanan data N-SPT dan mengetahui metode mana yang mendekati hasil aktual uji PDA sebagai kontrol kapasitas dukung tiang. Analisis daya dukung pondasi menggunakan metode Meyerhoff, Luciano Decourt dan Sosrodarsono. Pada titik BH-6/tiang No.4 A4 hasil daya dukung yang mendekati hasil aktual uji PDA diperoleh dengan metode Meyerhoff sebesar 910,6 ton. Titik BH-7/tiang No.6 P1 metode Meyerhoff dengan Qult sebesar 1001,6 ton mendekati hasil daya dukung aktual uji PDA. Pada BH-8/tiang No.1 A1 hasil daya dukung dengan metode Sosrodarsono mendekati hasil aktual uji PDA yaitu sebesar 1111,8 ton.
Keywords
daya dukung; pondasi bored pile; N-SPT; uji PDA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v4i2.21365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.