Kajian Kepuasan Pemilik Proyek Berdasarkan Kualitas Jasa Kontraktor Pada Pembangunan Konstruksi Gedung Di Banda Aceh Tahun Anggaran 2019-2020
Abstract
Industri jasa konstruksi harus terus berupaya dalam meningkatkan kualitas jasa yang diberikan kepada pengguna jasa. Dalam mengembangkan pemikiran mengenai kualitas jasa kepada pengguna jasa penting dilakukan suatu kajian mengenai kepuasan pengguna jasa konstruksi khususnya dalam ruang lingkup proyek-proyek pemerintah. Permasalahan pada penelitian ini adalah seberapa besar tingkat nilai kepuasan pengguna jasa berdasarkan kualitas penyedia jasa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh serta menentukan tingkat kepuasan pemilik proyek berdasarkan kualitas jasa kontraktor pada pembangunan konstruksi gedung di Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada setiap responden yaitu pemilik proyek dari setiap proyek. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Adapun data sekunder yang digunakan untuk menentukan populasi dan sampel yaitu berupa data proyek pembangunan konstruksi gedung di Banda Aceh Tahun Anggaran 2019-2020. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa, secara keseluruhan tingkat kepuasan pemilik proyek terhadap kualitas jasa kontraktor termasuk dalam klasifikasi puas dengan indeks kepuasan yang diperoleh sebesar 71,22%. Hasil analisis kesenjangan pada seluruh dimensi kualitas jasa, nilai skor gap tertinggi terdapat pada variabel penyiapan ruang pelayanan atau kantor sementara (direksi keet) yang memadai dan nyaman dilokasi proyek (A3) hal ini berarti pengguna jasa merasa tidak puas pada kualitas jasa yang diberikan, dan skor gap terendah terdapat pada variabel tanggung jawab dan kejujuran kontraktor atas pelaksanaan proyek yang telah diberikan oleh pemilik proyek (D2) hal ini berarti pengguna merasa puas pada kualitas jasa yang diberikan oleh penyedia jasa kepada pengguna jasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Madeppungeng. (2020). Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek Kontraktor Besar (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Bendungan KLM di Provinsi Banten). Jurnal Konstruksia. Vol 11 Nomor 2
Ervianto. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi. Yogyakarta. Andi
Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks
Khadafhy, Mohammad. (2019). Identifikasi Faktor Kinerja Kontraktor yang Paling Berpengaruh Terhadap Kepuasan Stakeholders di Dinas Cipta Karya Aceh. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan. Vol 2 Nomor 3
Nurhidayati, dkk. (2017). Persepsi Pemilik Proyek dalam Lingkungan LPSE Terhadap Penilaian Kinerja Kontraktor. Jurnal Rekayasa Sipil. Vol 11 No. 3
Pranata, Dwi. (2019). Analisis Kinerja Pemilik Proyek Swasta Dinilai Oleh Kontraktor Swasta Di Kota Surabaya. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi. Vol 6 Nomor 2
Priyatno. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta; Gava Media
Rizqi, alfi. (2015). Kajian kepuasan pemilik proyek berdasarkan kualitas jasa kontraktor pada pembangunan konstruksi gedung di aceh barat daya. (Online).(http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=15811,. diakses 10 Juni 2021)
Stratford. (2008). Costumer statisfaction index 2008. (Online). (http://www.stratford.guv.uf., diakses 10 Juni 2021)
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syofian, Siregar. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group
Tjiptono, Fandy. (2000). Prinsip- Prinsip Total Qualit Service. Yogyakarta: Andi. Offset
Tjiptono. (2004). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Yunnita, Henny. (2016) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Konstruksi Terhadap Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Di Perusahaan Jasa Konstruksi. Jurnal Konstruksia. Vol 8 Nomor 1
Zeithaml & Berry. (1985). The Behavioral Consequences Of Service Quality, Journal of marketing. Vol 60 (31-46)
DOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v4i1.19857
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.