Analisi Perbandingan Kinerja Jalan T. Iskandar, Ulee Kareng, B.Aceh Pada Saat Pademi dan Normal

Ruhdi Faisal, Taslimul Haq, Fitrika Mita Suryani, Juliana Fisaini

Abstract


Jalan Teuku Iskandar merupakan salah satu jalan yang mudah diakses oleh masyarakat yang tinggal di seputaran Aceh Besar yang langsung dengan Kota Banda Aceh. Jalan Teuku Iskandar termasuk kedalam jalan Arteri Primer bertipe 2 lajur 2 arah tak terbagi (2/2 UD) dengan panjang jalan 3.802 kilometer dan lebar badan jalan 8 meter dengan lebar bahu efektif 0,5 meter. Diktum Kesatu Huruf a Instruksi Dalam Negeri Nomor 31 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tingkat 4 untuk Berdasarkan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pada bulan Agustus 2021, Kota Banda Aceh termasuk dalam zona merah sehingga diberlakukan PPKM level 4.Adapaun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pergerakan lalu lintas sebelum dan pada saat diperlakukan PPKM level 4 untuk Kota B.Aceh. Metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan adalah menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) khususnya untuk jalan perkotaan. Parameter data yang diperlukan untuk kinerja jalan adalah data berupa volume lalu lintas, kapasitas jalan, RVK (rasio volume kapasitas) kecepatan arus bebas dan kecepatan perjalanan. Pengawasan dilakukan selama 3 (tiga) hari dalam satu minggu yakni hari Senin (16 Agustus 2021), Rabu (18 Agustus 2021), dan Minggu (15 Agustus 2021) pada jam puncak pagi dan sore yaitu 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB .Setelah dilakukan pengolahan data, Senin (16 Agustus 2021) pukul 17.00-18.00 WIB merupakan volume lalu lintas tertinggi sebesar 1645,7 smp/jam, kapasitas sebesar 2737,37 smp/jam, RVK = 0,60. Sedangkan penelitian Muzwar pada tahun 2017 mendapatkan hasil RVK = 0,60. Ini berarti PPKM level 4 yang diberlakukan di Kota B.Aceh tidak mempengaruhi pergerakan kendaraan. Karena biasanya pergerakan kendaraan di Kota seharusnya setiap tahun ada kenaikan pergerakan arus lalu lintas.


Keywords


MKJI, Kinerja Jalan, T.Iskandar, TVK, Covid-19, PPKM Level 4

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2004, Geometrik Jalan Perkotaan, Badan Standarisasi Nasional.

BPS Kab. Aceh Besar Dalam Angka, Kab. Aceh dalam Angka 2019

BPS Kota Banda Aceh Dalam Angka, Kota Banda Aceh dalam Angka 2019

Bukhari R.A dan Saleh S.M., 2004, Rekayasa Lalu-lintas I, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2021, Gubernur Aceh Perpanjang PPKM Hingga 23 Agustus

Muzwar N.M, 2017, Analisis Kinerja Jalan Teuku Iskandar Banda Aceh Akibat Hambatan Samping, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19/PRT/M/2011, Persyaratan Teknis Jalan Dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan, Menteri Pekerjaan Umum, Jakarta.

Qanun Kota Banda Aceh Nomor 2/2018, Perubahan Atas Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banda Aceh Tahun 2009-2029, Pemerintah Kota Banda Aceh, Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.24815/journalces.v3i3.19057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   Flag Counter 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.