Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal of The Civil Engineering Student?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN PELAKSANAAN JIM TEKNIK SIPIL UNTUK MAHASISWA

PENGUMUMAN (16 JULI 2024)

JURNAL ILMIAH MAHASISWA atau Journal of The Civil Engineering Student (JOCES)

 

LANGKAH 1. MAKALAH JURNAL SEBAGAI SYARAT SIDANG

Mahasiswa/i yang hendak melaksanakan sidang diwajibkan menyusun makalah jurnal sebagai salah satu syarat untuk mendaftar sidang.

 Artikel Jurnal sebagai Syarat Sidang

  1. Mahasiswa membuat artikel / makalah jurnal dengan format jim yang dapat diakses pada https://bit.ly/TemplateJIMTS2024
  2. Mahasiswa mengirim draft artikel jurnal ke https://bit.ly/JIMSyaratSidang

(Dilarang melakukan unggah/upload ke Sistem atau Website JIM Teknik Sipil sebelum direview oleh tim jurnal dan direvisi oleh mahasiswa)

  1. Print out Bukti Unggah/Upload Makalah Sidang yang telah dikirimkan ke email dan Print out Draft Artikel Jurnal dikumpulkan pada saat mendaftar sidang.
  2. Berlaku untuk semua mahasiswa baik yang akan melakukan publikasi di JIM maupun publikasi di jurnal lain atau media lain.

 

LANGKAH 2. MAKALAH JURNAL SEBAGAI SYARAT YUDISIUM

  1. Mahasiswa/i yang hendak mengikuti yudisium diwajibkan mengirimkan makalah ke JIM Teknik Sipil. Makalah yang disiapkan mengikuti format makalah untuk JIM Teknik Sipil yang dapat diakses pada tautan https://bit.ly/TemplateJIMTS2024

Hal-hal penting mengenai artikel:

1. Jumlah halaman harus 7 halaman (tidak boleh kurang ataupun lebih);

2. Judul artikel berbeda dengan judul buku, dan hanya memakai huruf besar di awal kata saja;

3. Abstrak dengan jumlah kata 150 - 200 kata;

4. Kutipan diurut dari awal (mode kutipan IEEE). Contoh: Sugiyanto [1].  Sehingga, tidak diurut menurut abjad;

5. Rumus ditulis dari nomor 1. Contoh: .........1);

6. Penomoran Tabel dan Gambar dari nomor 1;

7. Penomoran Bab dari ‘1. Pendahuluan’;

8. Alamat email hanya ditulis email mahasiswa.

 

Format Makalah harus terdiri dari:

 

Judul,

Identitas Penulis (Nama, Afiliasi, Email),

Abstrak dalam Bahasa Inggris,

Abstrak dalam Bahasa Indonesia beserta kata kunci,

Pendahuluan,

Metodologi,

Hasil dan Pembahasan,

Kesimpulan dan Saran serta

Daftar Kepustakaan.

 

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan:

  1. Judul harus mencerminkan isi dan signifikansi penelitian. Penulisan judul harus sesuai dengan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  2. Pendahuluan makalah harus mencakup latar belakang, tujuan, dan gap dengan kajian sebelumnya.
  3. Metodologi yang digunakan harus dapat menjelaskan proses penelitian/kajian.
  4. Hasil penelitian/kajian harus disajikan dengan baik.
  5. Pembahasan (discussion) harus membahas hasil dengan mengaitkan dengan kajian-kajian sebelumnya. Pembahasan dapat berupa membandingkan, atau mendukung kajian sebelumnya.
  6. Kesimpulan (conclusion) harus konsisten dengan bukti dan argumen yang diberikan pada bab hasil pembahasan dan harus menjawab main research questions (pertanyaan penelitian).
  7. Referensi/literatur yang dikutip/digunakan harus menunjukkan keterbaharuan (novelty). Referensi disarankan merupakan artikel jurnal nasional ataupun jurnal internasional bereputasi terbitan 5 tahun terakhir.
  8. Jumlah referensi atau literatur yang digunakan mencakup minimal 15 referensi dengan metode penulisan referensi sudah sesuai dengan IEEE. Penulisan harus sesuai dengan EYD, harus cukup jelas dan mudah dibaca.
  9. Visualisasi gambar dan tabel dalam makalah harus disajikan dengan resolusi yang baik dan dapat terbaca dengan jelas.
  10. Makalah yang dijadikan syarat yudisium, wajib dilakukan pemeriksaan plagiarisme dengan syarat maksimum < 25%.

LANGKAH 3. PEMERIKSAAN PLAGIARISME

Untuk pemeriksaan plagiarisme, artikel/makalah dikirim ke alfisalmannur@unsyiah.ac.id (serta di cc ke email jimts@unsyiah.ac.id) dan dikonfirmasi via

WA ke 0853-6121-7110 (Alfi Salmannur, ST, MT).

LANGKAH 4.     PEMERIKSAAN FORMAT MAKALAH

  1. Berlaku mulai tanggal 9 Januari 2023, pemeriksaan format makalah JIM dilakukan oleh editor dari masing-masing bidang keahlian (section editor/reviewer).
  2. Pemeriksaan format makalah dilakukan setelah artikel lulus uji plagiasi online dengan aplikasi turnitin (nilai similarity index maksimal 25%).
  3. Untuk proses review konten dan tata letak dilakukan secara daring, silakan kirimkan artikel (dalam format .DOCX) sesuai persyaratan yang sudah ada ke email section editor JIM Teknik Sipil (section editor dibagi per bidang) dan di cc ke jimts@unsyiah.ac.id

Subject : [JIM] REVIEW FORMAT_NAMA LENGKAP_NIM

Lampirkan juga Dokumen Hasil Pemeriksaan Turnitin

Konfirmasi setelah pengiriman email dapat disampaikan ke  

WAG https://chat.whatsapp.com/CbgHxqNfbfaDviK0PWbPny

  1. Untuk membantu mahasiswa dalam penyusunan makalah JIM dan dosen dalam pemeriksaan makalah JIM, berikut diberikan daftar atau checklist yang harus dipenuhi oleh makalah JIM:

Checklist Review JIM TS https://bit.ly/ChecklistReviewJIMTS

  1. Reviewer atau section editor dari masing-masing bidang keahlian (section editor/reviewer) adalah sebagai berikut:
  • Bidang Struktur mengirimkan makalah ke:

Ibu Nora Abdullah, S.T., M.Eng.Sc

Email: nora.abdullah@usk.ac.id dan di cc ke jimts@usk.ac.id

  • Bidang Hidroteknik mengirimkan makalah ke editor berikut:

Ibu Dr. Cut Dwi Refika, S.T.,M. Eng

Email: cut.dwi.refika@usk.ac.id dan di cc ke jimts@usk.ac.id

  • Bidang Geoteknik mengirimkan makalah ke:

Ibu Dr. Munira Sungkar, S.T., M.T.

Email: munira.sungkar@usk.ac.id dan di cc ke jimts@usk.ac.id

  • Bidang Manajemen Rekayasa Kontruksi (MRK) mengirimkan makalah ke:

Ibu Nurisra, S.T., M.T

Email: nurisra@usk.ac.id dan di cc ke jimts@usk.ac.id

  • Bidang Transportasi mengirimkan makalah:

Bapak Ir. Alfi Salmannur, S.T., M.T.

Email: alfisalmannur@usk.ac.id dan di cc ke jimts@usk.ac.id

  1. Makalah yang belum sesuai format harus diperbaiki dan dikirimkan kembali ke reviewer/editor.
  2. Setelah format artikel diperbaiki dan disetujui oleh section editor/reviewer, artikel ilmiah dapat dikumpulkan melalui Google Classroom.
  3. Petunjuk unggah ke Google Classroom dapat dilihat pada Deskripsi WAG Q&A JIM Teknik Sipil.

 

LANGKAH 5.     PENGUNGGAHAN (UPLOAD) MAKALAH

Artikel diunggah (di-upload) dalam Format MS.WORD dengan nama file: nama mahasiswa diikuti dengan NIM.

Contoh: DINA-FADHILAH_1304101010133.

 

Upload artikel pada link di bawah ini dalam format MS.WORD:

1.     Pada link Journal of The Civil Engineering Student  http://www.jim.unsyiah.ac.id/CES

- Abstract dan keywords (yang ditulis pada form JOCES jurnal hanya bahasa Indonesia saja);

- Language: di tulis id (singkatan dari Indonesia).

- Semua nama penulis diisi pada metadata

Konfirmasi setelah upload (unggah) makalah dapat disampaikan ke

WAG https://chat.whatsapp.com/CbgHxqNfbfaDviK0PWbPny

 dengan format:

ID PAPER_NAMA_NIM_Pembimbing 1_Pembimbing 2

 

2.     Pada link https://classroom.google.com/

PETUNJUK UNGGAH MAKALAH KE GOOGLE CLASSROOM https://bit.ly/PetunjukUnggahMakalahJIMTSKeGoogleClassroom

Semua makalah diunggah ke Classroom WISUDA 2021

 

LANGKAH 4. MENGISI ABSENSI PENGUMPULAN MAKALAH ILMIAH PADA JIM

Setelah mahasiswa/i mengunggah makalah/manuskrip ke Google Classroom dan ke OJS JIM, maka mahasiswa dapat mengisi absensi pengumpulan makalah pada tautan https://bit.ly/ABSENJIMTS dan menghubungi Section Editor/Reviewer Makalah dan Managing Editor JIM Teknik Sipil untuk tanda tangan bit.ly/FormJIMTS2023 sebagai salah satu syarat Yudisium.

Jurusan Teknik Sipil tidak menerima Surat Embargo sebagai syarat yudisium.

Namun demikian, agar jurnal mahasiswa tidak dipublikasikan pada website JIM Teknik Sipil, mahasiswa dan dosen dapat melaporkan ke Pengelola JIM Teknik Sipil dengan mengisi pendataan JIM dan memilih Embargo pada tautan https://bit.ly/ABSENJIMTS

 

LANGKAH 5. Formulir JIM TS

Berlaku mulai tanggal 9 Januari 2023, Formulir JIM TS ditandatangani oleh Bapak Alfi Salmannur, ST, MT (Managing Editor JIM TS)

Formulir JIM TS dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/FormJIMTS2023

Sebelum meminta tanda tangan managing editor JIM TS (Bapak Alfi Salmannur, ST, MT), mohon dipastikan:

1. Makalah telah disetujui oleh Pembimbing (kecuali makalah yang di-embargo oleh dosen pembimbing)

2. Mengisi lembar review JIM dan lembar review JIM telah di ttd oleh reviewer/ section editor yang memeriksa makalah JIM

3. Mengunggah makalah ke website JIM untuk mendapatkan ID Paper

4. Mengunggah makalah ke Google Classroom

5. Mengisi Absensi JIM

Pertanyaan seputar JIM TS dan TTD FORMULIR JIM, silakan bergabung ke WAG https://chat.whatsapp.com/CbgHxqNfbfaDviK0PWbPny

 

Banda Aceh, 16 Juli 2024

 

Chief Editor JOCES

Juliana Fisaini, ST, MT

NIP. 19900717 201903 2 021

===================================================

MAKALAH YANG DIEMBARGO OLEH DOSEN PEMBIMBING

Jurusan Teknik Sipil tidak menerima Surat Embargo sebagai syarat yudisium.

Namun demikian, agar jurnal mahasiswa tidak dipublikasikan pada website JIM Teknik Sipil, mahasiswa dan dosen dapat melaporkan ke Pengelola JIM Teknik Sipil dengan mengisi pendataan JIM dan memilih Embargo pada tautan https://bit.ly/ABSENJIMTS

 

Format surat permohonan embargo dapat didownload pada link berikut https://bit.ly/EmbargoJIMTS

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in RTF document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Article Publication: 0.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.