Kajian Teknis Peningkatan Efisiensi Alat Muat dan Alat Angkut Untuk Mencapai Sasaran Produksi Pada Penambangan Batu Gamping Kuari I Oleh PT Macmahon Indonesia, Lhoknga, Aceh Besar

Ampon Cut, Nurul Kamal, Pocut Nurul Alam

Abstract


Kegiatan penambangan batu gamping oleh PT Macmahon Indonesia yang berlokasi di Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, menggunakan sistem tambang quarry  untuk bahan galian industry yang menggunakan metode konvensional. Setelah kegiatan pembersihan dan pengupasan tanah penutup pucuk maka kegiatan penambangan dilanjutkan dengan peledakan (blasting), pemuatan dan pengangkutan batu gamping ke dump hopper dari loading point 3 dengan jarak 800m. Terdapat kombinasi alat muat dengan alat angkut yang harus ditingkatkan produksi. Kombinasi 1 unit wheel loader CAT 992 D dengan 3 unit dump truck CAT 773 B. Rata-rata target produksi yang ditetapkan sebesar 156.000 Ton/bulan. Hal ini dikarenakan masih tingginya faktor hambatan yang menyebabkan rendahnya efisiensi kerja sehingga produksi yang dihasilkan oleh alat muat dan alat angkut belum mampu mencapai target produksi.Untuk meningkatkan produksi alat muat dan alat angkut dilakukan dengan cara menambah curah bucket alat muat  dan melakukan pencegahan dan pengurangan terhadap hambatan-hambatan yang terjadi  terutama hambatan yang dapat ditekan  maka akan dapat meningkatkan waktu kerja efektif, dari peningkatan efisiensi kerja diperoleh efisiensi kerja alat muat yang semula 66,5% meningkat menjadi 77,5% dan efisiensi kerja alat angkut yang semula 65% meningkat menjadi 76,5%. Maka produksi alat muat meningkat dari 87.542 Ton/bulan menjadi 161.668 Ton/bulan. Sedangkan produksi pada alat angkut meningkat dari 125.554 Ton/bulan menjadi 170.465 Ton/bulan.


Keywords


Efisiensi; Alat Muat; Alat Angkut; Produksi

Full Text:

PDF

References


Caterpillar. 2015. Caterpillar Performance Handbook Edition 2009. United States: Caterpillar Corporation.

Indonesianto, Yanto. 2005. Pemindahan Tanah Mekanis .Jurusan Teknik Pertambangan UPN“Veteran”. Yogyakarta.

Kurniawan, Taufik. 2009. Studi Analisis Produktivitas Excavator Backhoe Hitachi EX2500 dan Liebherr 994 di Pit 7 Tambang Batu bara Mulia PT Arutmin Indonesia. Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung : Bandung.

Nurhakim. 2004. Buku Panduan Kuliah Lapangan II, Edisi ke 2. Departemen Tambang Universitas Lambung Mangkurat.

Partanto Prodjosumarto (1996), “Pemindahan Tanah Mekanis”, Departemen Tambang, ITB, Bandung.

Rochmanhadi, Ir. 1992. Alat-alat Berat dan Penggunaannya. Penerbitan Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum. Jakarta.

Wedhanto, S. 2009. Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis. Diktat Kuliah Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang : Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.