Analisis Pengelolaan Limbah Oli pada Aktivitas Operasional Penambangan Batu Gamping di Area Tambang Bukit Karang Putih PT Semen Padang, Batu Gadang, Padang, Sumatera Barat

Said Muhammad Muafi, Yoessi Oktarini, Moehammad Ediyan Raza Karmel

Abstract


Pengelolaan limbah B3, khususnya limbah oli bekas telah menjadi sebuah kewajiban bagi perusahaan untuk mengelolanya. Mengingat dampaknya yang ditimbulkan sangat merusak apabila masuk ke dalam lingkungan. Limbah jenis ini, banyak dijumpai pada industri – industri besar, seperti industri elektronik, industri manufaktur, dan industri pertambangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengelolaan limbah oli bekas yang dilakukan oleh PT. Semen Padang, serta menganalisis daya tampung oil trap pada area bengkel. Penelitian ini diakukan dengan menganaisis dimensi oil trap untuk mengetahui seberapa sanggup dalam menampung limbah oli bekas yang masuk, sehingga akan diketahui apaka oil trap tersebut over capacity atau tidak Kegiatan pengelolaan limbah oli yang dilakukan di PT. Semen Padang terdiri dari pengumpulan, penyimpanan, serta pendistribusian yang terdiri dari pemanfaatan dan pengiriman ke pihak ketiga. Jumlah limbah oli bekas yang teridentifikasi antara tahun 2019 – 2021, diantaranya jumlah pengumpulan limbah sebesar 91,62 Ton (114,53 m3 ). Lalu pendistribusian terdiri dari pemanfaatan limbah sebesar 58,86 ton (73,18 m3 ) dan pengiriman ke pihak ketiga sebesar 33,12 ton (41,40 m3 . Sementara rata – rata lamanya masa penyimpanan limbah oli bekas di PT. Semen Padang adalah 19 hari. Oil trap yang difungsikan di area bengkel PT. Semen Padang bervolume sebesar 19,8 m3 . Setelah dilakukan simulasi pada 180 dan 90 hari, teridentifikasi terjadinya over capacity pada kedua simuasi tersebut Dan perlu adanya evaluasi dimensi oil trap dari pihak perusahaan. Kata kunci: pengelolaan, oli bekas, lingkungan, oil trap, over capacity

Keywords


Pengelolaan; Oli Bekas; Lingkungan; Oil Trap; Over Capacity

Full Text:

PDF

References


Kusuma, Rosana Angga. (2011) Sistem Pengumpulan dan Penyimpanan Minyak Pelumas Bekas Sebagai Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di PT. INKA (Persero) Madiun, Jawa Timur, 12, Universitas Sebelas Maret.

Munizar, Khairul Agus. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dalam Kegiatan Operasional Penambangan Batu Kapur Berdasarkan Peringkat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Daerah (PROPERDA) di PT Semen Padang (Persero) Tbk. Bukit Karang Putih, Indarung, Sumatera Barat, Universitas Syiah Kuala, Hal. 1.

Mukti, Anggoro Daru., Purba, Humiras Hardi. (2022). Implement 3R Metode (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Pengelolaan Limbah Domestik dan B3 untuk Meningkatkan Status Proper Hijau di PT.XYZ, Jurnal Media Teknik & Sistem Industri Vol 6, September, Jakarta, 126.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 Bab VII Pasal 274 – 499 Mengenai pengelolaan limbah B3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.