Penerapan Tema Arsitektur Kontemporer pada Perancangan Aceh Science Center

Sarah Alya, Laila Qadri, Abdul Munir

Abstract


Aceh saat ini mempunyai berbagai tempat rekreasi yang menarik, yaitu wisata alam, wisata religi dan wisata berbasis ilmu sejarah, seperti museum. Namun semakin berkembangnya tempat wisata, Aceh tidak mempunyai tempat rekreasi berbasis edukasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu dibutuhkannya tempat yang dapat menunjang pendidikan seperti halnya science center. Science center merupakan sebuah tempat edukasi dan sarana pendidikan yang mengenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sistem peragaan hands-on atau interaksi langsung. Pengunjung dapat langsung menggunakan alat peraga yang disediakan, dan memahami proses belajar dari berbagai display yang disediakan. Konsep edukasi dan rekreasi ini membuat pengunjung dari berbagai umur dapat menikmatinya. Perancangan Aceh Science Center dengan penerapan arsitektur kontemporer dapat menjadi solusi atas permasalahan diatas. Pemilihan konsep tema arsitektur kontemporer dalam perancangan ini sesuai dengan ilmu pengetahuan yang bersifat dinamis, tema ini memperlihatkan kualitas tertentu yang berkaitan dengan kemajuan teknologi pada saat ini dan kebebasan dalam mengekspresikan suatu gaya arsitektur menggunakan material sesuai tren masa kini dengan menyesuaikan karakternya, serta penggunaan teknologi pada alat peraga. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif analisis atau pemaparan kajian pustaka dari konsep dan tujuan objek perancangan, serta deskripsi hasil implementasi konsep kedalam perancangan.


Keywords


Arsitektur Kontemporer; Pameran Interaktif; Pendidikan; Science Center

Full Text: PDF

DOI: 10.24815/jimap.v8i1.26605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.